Beranda > Sistem pakar > Sistem Pakar Dengan Menggunakan Logika Fuzzy

Sistem Pakar Dengan Menggunakan Logika Fuzzy

Logika fuzzy merupakan sebuah metode untuk memetakan suatu ruang input ke dalam ruang output. Logika fuzzy berguna untuk mendukung suatu pengambilan keputusan. Metode ini terdiri dari tiga proses utama, yaitu fuzzifikasi, inferensi fuzzy (logika pengambilan keputusan) dan defuzzifikasi.

Paper ini membahas tentang perancangan aplikasi untuk memudahkan dalam pencarian suatu paket komputer sesuai dengan keinginan pembeli. Biasanya pemilihan spesifikasi komputer pada suatu toko komputer dilakukan dengan berkonsultasi dengan para pegawai toko.

Namun hal itu akan memakan waktu yang lama dan tidak praktis. Terdapat suatu metode yang lebih praktis, yaitu dengan membangun suatu aplikasi sistem pendukung keputusan pada penentuan spesifikasi komputer yang di dalamnya juga diterapkan metode logika fuzzy. FDSS (Fuzzy Decision Support System) menggunakan dasar pengetahuan dalam bentuk aturan “if – then” untuk memproses informasi. Seperangkat aturan fuzzy menggambarkan seperangkat relasi fuzzy antara input fuzzy dan output fuzzy.

Langkah-langkah pembuatan aplikasi ini sebagai berikut:

  1. Perumusan masalah, tentang “Bagaimana merancang sistem pendukung keputusan dengan menggunakan logika fuzzy dan implemantasinya pada penentuan spesifikasi komputer untuk suatu paket komputer lengkap, sesuai dengan kebutuhan masing-masing pembeli.
  2. Pembatasan masalah dimana hanya didesaian dengan menggunakan logika fuzzy, dan diimplementasikan cukup pada database yang tersedia, serta tidak dilakukannya perbandingan dengan algoritma lain.
  3. Selanjutnya, studi pustaka untuk mendukung pembuatan sistem aplikasi ini.
  4. Data Perancangan Sistem
  5. Analisis dan perancangan sistem yang mudah dimengerti dan dioperasikan.
  6. Lalu pembuatan program.
  7. Terakhir adalah pengujian, di mana yang diuji adalah:
    1. i.      Keakuratan proses fuzzifikasi dalam mengelompokkan himpunan fuzzy pada suatu variabel fuzzy yang dibatasi dengan nilai batas himpunan.
    2. ii.       Keakuratan dari proses inferensi fuzzy / pengambilan keputusan dalam suatu variabel fuzzy, berdasarkan nilai hasil dari proses fuzzifikasi.
    3. iii.       Keakuratan proses defuzzifikasi dalam menghitung nilai rekomendasi untuk suatu paket komputer yang sesuai dengan kriteria.


DSS (Decision Support System) adalah suatu sistem informasi yang mengevaluasi beberapa pilihan yang berbeda guna membantu seseorang memberikan keputusan terhadap masalahnya. DSS dapat dijelaskan sebagai sistem pembuat keputusan manusia-komputer interaktif berbasiskan komputer yang dapat:

  1. Mendukung dalam pembuatan keputusan daripada menggantinya dengan yang baru.
  2. Memanfaatkan data dan model.
  3. Memecahkan masalah dengan struktur yang derajatnya bervariasi:
  • nonstruktur (unstruktur atau ill-struktur)
  • semistruktur
  • semistruktur dan unstruktur
  1. Berpusat pada keefektifan daripada keefisienan dalam proses pemberian keputusan.

Untuk melakukan aplikasi kecerdasan buatan ada dua bagian utama yang sangat dibutuhkan, yaitu :

  1. a. Basis Pengetahuan (Knowledge Base), berisi fakta-fakta, teori, pemikiran dan hubungan antara satu dengan lainnya.
  2. b. Motor Inferensi (Inference Engine), yaitu kemampuan menarik kesimpulan berdasarkan pengalaman.

FDSS (Fuzzy Decision Support System) merupakan sistem pembuat keputusan manusia-komputer untuk mendukung keputusan manajerial, dan intuisi untuk memecahkan masalah manajerial dengan memberikan informasi yang diperlukan, menghasilkan, mengevaluasi dan memberikan putusan alternative.

Teori himpunan fuzzy diperkenalkan pertama kali oleh Lotfi A. Zadeh pada tahun 1965. Ada beberapa alasan mengapa orang menggunakan logika fuzzy, antara lain :

  1. Konsep logika fuzzy mudah dimengerti. Konsep matematis yang mendasari penalaran fuzzy sangat sederhana dan mudah dimengerti.
    1. Logika fuzzy sangat fleksibel.
    2. Logika fuzzy memiliki toleransi terhadap data-data yang tidak tepat.
    3. Logika fuzzy mampu memodelkan fungsi-fungsi nonlinear yang sangat kompleks.
    4. Logika fuzzy dapat membangun dan mengaplikasikan pengalaman-pengalaman para pakar secara langsung tanpa harus melalui proses pelatihan.
    5. Logika fuzzy dapat bekerjasama dengan teknik-teknik kendali secara konvensional.
    6. Logika fuzzy didasarkan pada bahasa alami.

Dalam logika fuzzy dikenal berhingga keadaan dari nilai “0” sampai ke nilai “1”. Logika fuzzy tidak hanya mengenal dua keadaan tetapi juga mengenal sejumlah keadaan yang berkisar dari keadaan salah sampai keadaan benar.

Ada beberapa hal yang perlu diketahui dalam memahami sistem fuzzy, yaitu :

1.         Variabel Fuzzy

Variabel Fuzzy merupakan variabel yang hendak dibahas dalam suatu sistem Fuzzy.

  1. Himpunan Fuzzy

Himpunan Fuzzy adalah himpunan yang tiap elemennya mempunyai derajat keanggotaan tertentu terhadap himpunannya.

Himpunan Fuzzy memiliki dua atribut, yaitu :

v     Linguistik, yaitu penamaan suatu grup yang mewakili suatu keadaan atau kondisi tertentu dengan menggunakan bahasa alami.

v     Numeris, yaitu suatu nilai (angka) yang menunjukkan ukuran dari suatu variabel.

  1. Semesta Pembicaraan

Semesta pembicaraan adalah suatu keseluruhan nilai yang diperbolehkan untuk dioperasikan dalam suatu variabel Fuzzy. Nilai semesta pembicaraan dapat berupa bilangan positif atau bilangan negatif.

Domain himpunan Fuzzy adalah keseluruhan nilai yang diijinkan dalam semesta pembicaraan dan boleh dioperasikan dalam suatu himpunan Fuzzy. Nilai domain dapat berupa bilangan positif maupun bilangan negatif.

untuk lebih jelasnya bisa download link berikut sistempakar


About these ads
Kategori:Sistem pakar
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: